Tanamkan Pondasi Kejujuran Pada Anak

Tanamkan Pondasi Kejujuran Pada Anak. Kejujuran adalah salah satu fondasi utama dan pondasi yang terutama dalam pembangunan karakter manusia. Pondasi kejujuran itu harus sudah ditanamkan minimal sebelum pranatal yaitu ketika sepasang suami isteri sudah mulai berikeinginan untuk memiliki anak. Sehingga ketika Allah berkehendak atas lahirnya seorang anak ke dunia ini, maka anak tersebut diaharapkan sudah merasakan getar-getaran kejujuran itu mulai dari awal proses keberadaannya.

Selanjutnya, ketika anak tersebut telah lahir, orang tua harus bisa mempraktekkan pengajaran kejujuran itu secara tepat kepada anak. Ketahuilah bahwa sesungguhnya, seorang anak yang baru lahir itu laksana selembar kertas putih yang masih bersih, bebas dari segala tinta dan noda, Yang pertama sekali menggoreskan tinta pada kertas putih itu adalah orang tuanya. Goresan pertama itu tidak akan pernah hilang walau dihapus dengan cara apapun, sedangkan lingkungan sekitarnya hanya akan meneruskan ke arah mana goresan pertama oleh orang tuanya itu telah diarahkan

Sehingga, setiap orang tua harus mendidik setiap anak-anaknya supaya berlaku jujur. Minimal, pondasi kejujuran sudah harus cukup kuat tertanam dalam jiwa setiap anak sebelum cukup umur untuk disekolahkan atau ketika anak sudah mulai aktif belajar bersosialisasi dengan lingkungannya. Lingkungan selain keluarganya sendiri.

Setiap Ibu dan Bapak patut mendidik anaknya supaya berlaku jujur dalam sekolah pertamanya, yaitu pendidikan dalam rumah tangganya. Kita dapat katakan bahwa pelajaran pertama dalam hal kejujuran harus sudah diterapkan dan dimulai kira – kira pada waktu anak mulai merangkak dan berusaha hendak menyelidiki segala sesuatu yang dapat dipegangnya.

Anak-anak harus belajar menghormati hak-hak orang lain. Anak-anak sebaiknya jangan dibiarkan berpikir bahwa segala sesutu didalam rumah adalah miliknya, sehingga lama kelamaan anak – anak tersebut akan mengerti arti dari hakikat hak milik yang sesungguhnya.

Setiap rumah tangga yang mempunyai beberapa anak patut menyediakan alat permainan dan tempat permainan untuk masing – masing anak. Sehingga dari kecil anak sudah mengetahui bahwa mereka hanya berhak atas permainan miliknya sendiri.

Rumah tangga yang memberikan kepada bayinya segala sesuatu yang ditangisinya akan mengalami banyak kesusahan. Bayi semacam itu akan memaksa kakak – kakanya menyerahkan milik mereka kepadanya. Tindakan bayi tersebut sudah dapat disamakan dengan perampokan dan Ketahuilah bahwa sesungguhnya tidak ada seorang anak yang dilahirkan untuk menjadi perampok, kecuali kedua orang tuanya yang mendidik dan membiarkan anaknya menjadi seorang perampok.

Anak-anak juga harus jujur dalam melaksanakan tanggungjawabnya. Tiap anggota keluarga harus insyaf bahwa kepada masing-masing diserahkan satu tanggungjawab yang harus dilaksanakan dengan sebaik- baiknya demi kebahagiaan dan ketertiban dalam keluarga.

Setiap anak wajib diserahkan suatu tanggung jawab. Ibu dan Bapak harus memperhitungkan pemberian tanggung jawab itu secara seimbang dengan umur anak. Ibu dan bapak harus menolong anak-anak untuk tetap jujur dalam melaksanakan kewajibannya secara jujur dalam naungan syariat hukum Tuhan SWT.

Tanamkan dalam diri anak bahwa Allah SWT tidak pernah tidur dalam menyayangi makhluknya. Setiap anak yang selalu bersikap jujur dan adil dalam setiap tindakan dan perbuatannya, pasti akan mendapat keberuntungan. Tidak pernah ada dalam sejarah, bahwa orang yang jujur itu dalam kedaan merugi dan bangkrut. Orang yang jujur ditakdirkan untuk selalu beruntung. Biarkan anak-anak menyadari bahwa ibu dan Bapak adalah salah satu diantara orang-orang yang beruntung itu karena telah berusaha untuk selalu berlaku jujur dan mendapat berkah manisnya buah kejujuran itu dengan mempunyai anak – anak yang jujur

Untuk itu, Ibu dan Bapak harus juga tetap berlaku jujur dan adil dalam memberikan penilaian dan penghargaan atas setiap anak atas pelaksanaan tanggung jawab yang dibebankan kepadanya. Ibu dan Bapak harus mampu meyakinkan setiap anak bahwa dia pasti akan diperlakukan secara jujur dan adil. Ibu dan Bapak juga harus mampu mempraktekkan ajaran kejujuran itu dalam setiap dimensi kehidupan Ibu dan Bapak

Keyakinan dan kepercayaan anak terhadap ibu dan Bapak akan sangat berguna dalam memenangkan hati dan perhatian anak. Apabila ibu dan bapak telah mampu memenangkan hati dan perhatian anak, maka selanjutnya ibu dan Bapak akan dengan mudah untuk mengarahkan anak menjadi manusia terbaik yang bermanfaat bagi dirinya, keluarganya dan lingkungannya.

Tapi, apabila Ibu dan Bapak tidak mampu memenangkan hati dan perhatian anak dalam hal kejujuran, maka sudah selayaknya Ibu dan Bapak mulai betanya pada diri sendiri. Pondasi Kejujuran Manakah Yang Telah Ibu dan Bapak Hancurkan. … ??? atau mungkin Ibu dan Bapak telah dilahirkan dan dibesarkan oleh sepasang orang tua yang berpropesi sebagai seorang perampok ( baca : Koruptor ) yang tidak jujur terhadap anak – anaknya … !!!. ( kajian Keluarga )

Comments 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Page-level ads only appear on the page when AdSense thinks they'll perform well. Add the following Page-level code to more of your pages to increase the overall performance of ads on mobile. Copy the code below and paste it inside the tag of any page you want to show ads on. Place the same code just once per page, and AdSense takes care of the rest.
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.