Ibu dan Bapak Harus Lebih Mengenal anak – Anaknya Sendiri

Ibu dan Bapak Harus Lebih Mengenal anak – Anaknya Sendiri – Adalah benar bahwa ketabahan, ketekunan dan kesabaran adalah ibu dari semua keberhasilan dan kesuksesan, dalam usaha apapun termasuk mendidik anak. Ibu dan bapak yang tidak memilki kesabaran yang cukup bisa dipastikan akan menemui kegagalan dalam mendidik anaknya dan ibu dan bapak yang memiliki kesabaran yang berlimpah dalam mendidik anak – anaknya akan cenderung lebih dekat kepada keberhasilan karena  “ singa – singa yang ganas sekali pun akan dapat dijinakkan dengan usaha yang kontinu dan sabar “

Ibu dan bapak yang memiliki sedikit kesabaran dalam mendidik anak, disamping dekat dengan kegagalan juga akan menderita kerugian yang sangat besar. Karena seseorang yang kurang sabar akan cenderung dikuasai oleh nafsu amarahnya dan nafsu amarah itu adalah alat kendaraan utama dari syetan dalam diri manusia.

Cara berpikir orang yang sedang dikendalikan oleh nafsu amarah tidak pernah tenang. Setiap pemikiran dan keputusan yang dibuat seseorang dalam kondisi marah, relatif tidak bisa dipertanggungjawabkan dan kondisi ini sangat berbahaya bagi masa depan anak – anak karena anak hanya takut dengan amarah ibu dan bapak, bukan takut akan akibat buruk dari perbuatan salah mereka.

Ketahuilah bahwa sesungguhnya, gelar dan martabat yang tinggi tidak menjamin seorang ibu akan berhasil dalam mendidik anak apabila pendidikan dan kedudukan yang tinggi tersebut tidak disertai dengan kesabaran, justru seorang ibu yang pendidikannya tidak terlalu tinggi tapi memiliki sifat kesabaran yang berlimpah akan cenderung lebih berhasil dalam mendidik anak karena suara dan tindak – tanduk seorang ibu yang sabar akan lebih disenangi dan dikenang oleh anak – anaknya.

Seorang anak biasanya akan sangat tertarik untuk mencoba segala hal yang baru. Disamping untuk memuaskan rasa keingintahuannya, bagi anak setiap saat adalah penemuan. Berbarengan dengan itu, anak tanpa sengaja bisa saja akan berbuat kesalahan. Sehingga bukanlah suatu tindakan pengasuhan yang tepat apabila setiap kali anak berbuat salah atau melakukan kesalahan, ibu dan bapak selalu memberi hukuman atau bentakan

Ibu dan bapak harus selalu setia melayani anak dengan ketenangan yang lembut. Ketika anak tanpa sadar telah melakukan kesalahan, ibu dan bapak harus mampu memberikan penjelasan yang logis dan dapat diterima oleh logika anak. Ibu dan bapak harus menyadari betul bahwa seorang anak bukanlah manusia dewasa dalam postur mini atau anak bukanlah miniatur manusia dewasa dalam ukuran kecil, tapi anak – anak adalah anak – anak dengan dunia dan pola pikirnya yang unik, sehingga ibu dan bapak harus bisa menjelaskan kenapa sesuatu itu salah dan tidak boleh dilakukan dalam logika anak – anak yang unik tersebut.

Dalam meyikapi kondisi ini, mungkin tidak ada pilihan yang terbaik yang bisa dilakukan oleh seorang ibu untuk bisa mengerti dan memahami logika dan pola pikir anaknya yang unik tersebut, selain menyediakan waktu lebih banyak untuk memahami anak – anaknya sendiri. Bukanlah suatu kesalahan apabila seorang ibu lebih senang dan menghabiskan lebih banyak waktu untuk bermain dan berkomunikasi dengan anak – anaknya sendiri dari pada banyak mengobrol dan berkativitas dengan tetangga atau teman – temannya.

Bapak juga semestinya demikian. Walau dalam kesehariannya, seorang bapak lebih banyak menghabiskan waktunya di luar rumah untuk memenuhi kewajibannya dalam mencari nafkah untuk keluarga, namun itu tidak bisa dijadikan alasan bagi seorang ayah untuk tidak terlibat secara bertanggungjawab dalam pengasuhan anak, karena anak tersebut dianugrahkan Tuhan adalah akibat dari buah cinta kasih bapak dan ibu, sehingga dalam pengasuhan, peran ibu dan bapak adalah sama dan sejajar dimata anak.

Bapak harus selalu berusaha untuk lebih mendekatkan diri dan mengenal tahap – tahap perkembangan fisikologi anak. Untuk itu tidak ada cara lain bagi seorang bapak untuk menjadi ayah yang baik selain harus selalu menyediakan waktu secara khusus setiap saat untuk berkomunikasi dan lebih mengenal anak – anaknya sendiri. Ajaklah anak bermain dalam waktu – waktu senggang. Seorang ayah yang baik pastinya akan selalu menyediakan waktu secara khusus untuk anak – anaknya disamping waktu khusus untuk ibu anak – anaknya juga tentunya ( Rumah Tangga )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Page-level ads only appear on the page when AdSense thinks they'll perform well. Add the following Page-level code to more of your pages to increase the overall performance of ads on mobile. Copy the code below and paste it inside the tag of any page you want to show ads on. Place the same code just once per page, and AdSense takes care of the rest.
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.