Anak adalah Sepotong Cermin Kecil Yang Sempurna

Anak adalah Sepotong Cermin Kecil Yang Sempurna. Setiap anak yang dilahirkan ke dunia ini adalah dalam keadaan bersih dan suci, seperti selembar kertas putih tanpa noda, orang tuanyalah yang menjadikan seorang anak tersebut menjadi Yahudi ,Nasrani dan Majusi. Kalimat hadist tersebut, sebagaimana ibu dan bapak, tentunya sudah sangat dipahami dengan baik oleh setiap orang tua di dunia ini.

Ibu dan Bapak, tentunya juga sudah sangat memahami bahwa setiap bayi yang diutus Tuhan ke dunia ini sebagai buah perpaduan cinta dan kasih sayang sepasang makhluk mulia dalam keadaan telanjang tanpa daya, tanpa dilengkapi dengan satupun keahlian dan kecakapan selain dari alunan irama tangisan dan segaris senyuman lucu yang mungil untuk menggembirakan dunia dalam istana cinta kedua orang tuanya yang penuh berkah.

Selanjutnya, bahasa ibu dan bapak akan menjadi bahasanya, bunyi suara ibu dan bapak akan menjadi bunyi suaranya, bila suara ibu merdu, serak atau kasar dan atau manis, maka suaranya juga seperti itu, setiap jenis perkataan yang ibu dan bapak ucapkan akan menjadi ucapannya juga. Jika ibu dan bapak cendrung berkata kasar, tajam menusuk hati, maka sang anak pun akan terbiasa berkata kasar yang melukai hati dan perasaan orang lain. Jika ibu dan bapak cendrung mengucapkan rangkaian kata manis yang baik dan meneduhkan jiwa, tentunya anak akan terbiasa mengucapkannya.

Sehingga, tidak ada alasan yang cukup kuat bagi setiap orang tua untuk tidak menyadari bahwa anak adalah ibarat cermin kecil yang sempurna memantulkan wajah asli orang – orang disekelilingnya. Jika ibu dan bapak biasa tersenyum kala berbicara, anak pun akan terbiasa untuk menyenangkan dan membahagiakan orang lain dan jika ibu dan bapak adalah seorang yang cerewet dan senang mengomel anak akan cendrung senang merajuk dan cengeng.

Dalam rumah yang menjadi lembaga pendidikan pertama, ibu dan bapak adalah gurunya yang pertama dan utama, Jika guru kencing berdiri, maka murid akan kencing berlari. Apa yang biasa dilihat dan didengar anak di rumah akan menjadi bagian dari diri anak selanjutnya. Sehingga setiap tindakan dan kebiasan orang tua di rumah akan menjadi kebiasan anak dalam kehidupannya di masa depan. Bahkan, sesuai dengan kemajuan dan perkembangan globalisasi budaya dan ilmu pengetahuan yang semakin lama semakin baik perkembangannya, maka sangat memungkinkan dan tidak mustahil pada akal dari setiap yang telah dipelajari anak dari ibu dan bapak di rumah, dalam diri anak nantinya akan tumbuh dan berkembang serta berdampak lebih luas dari apa yang sebelumnya tidak terbayangkan

Walau tidak ada jaminan, bahwa setiap nilai – nilai kebaikan dan kemuliaan yang ibu dan bapak telah ajarkan dan tanamkan dalam diri anak akan berkembang menjadi lebih baik. Namun yang paling pasti adalah, jika dalam diri anak sudah tertanam nilai – nilai akhlak dan moral yang tidak baik semenjak dari dalam rumah, setan akan mudah untuk menancapkan kuku – kuku kejahatannya dalam diri anak. Setiap kejahatan tidak akan pernah bisa berbaur dengan kebaikan. Setiap anak yang berakhlak mulia dan berhati emas hanya bisa dilahirkan dan dibimbing oleh orang tua berhati permata

Dalam hal ini, demi kebaikan dan kebahagian anak di masa depan yang masih sangat panjang, hidup tidak lagi membutuhkan pembenaran – pembenaran atas setiap penyimpangan praktek moral dan etika dalam setiap rumah tangga oleh setiap orang tua. Ibu dan bapak selain sebagai seorang guru pertama dan utama bagi anak, ibu dan bapak juga merupakan orang yang paling bertanggung jawab dalam pembentukan kemulian akhlak dan kepribadian anak. Yakinlah, bahwa setiap tanggung jawab pada akhirnya pasti akan diminta pertanggungjawababnya. Ketahuilah bahwa sesungguhnya tidak ada yang mudah di dunia ini dan tidak ada pula yang mustahil dan tidak mungkin. Yang ada hanyalah orang yang mau dan yang tidak mau. ( kajian keluarga )

Comments 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Page-level ads only appear on the page when AdSense thinks they'll perform well. Add the following Page-level code to more of your pages to increase the overall performance of ads on mobile. Copy the code below and paste it inside the tag of any page you want to show ads on. Place the same code just once per page, and AdSense takes care of the rest.
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.