Jecko dan Kehidupannya Yang Aneh

Jecko dan Kehidupannya Yang Aneh. Sejatinya Michael Jackson hanyalah manusia biasa yang terbungkus dalam selaput tebal berbagai predikat. Kesuksesan luar biasa dan kejeniusannya sebagai seorang seniman musik yang lengkap melingkupi sosok kemanusiawian Jacko. Beberapa sahabat Jacko, di antaranya Broke Shields, Diana Ross, dan Madonna, dalam sebuah wawancara dengan TV Entertainmen beberapa jam setelah ada kabar meninggalnya sang legenda pop dunia itu mengungkapkan sisi pribadi kemanusiaan Michael. Sang superstar itu dilukiskan sebagai sosok yang sangat peduli dengan para korban bencana alam, cinta anak-anak, perasaannya sangat halus, dan pribadi yang hangat menyenangkan.

Warna-warni buah kesuksesan luar biasa yang didukung oleh macam-macam sebutan bersifat superlatif menjadikan sang superstar melambung tinggi. Media massa Amerika sempat menyebutnya sebagai hidup yang tidak membumi. Jacko memang memimpikan sebuah tempat tinggal dengan lahan yang luas dan binatang-binatang yang amat disukainya, taman yang indah dengan berbagai bangunan dan puri-puri seperti di dunia dongeng. Mimpi-mimpi itu diwujudkannya di Neverland, tempat tinggalnya yang amat luas dan mewah itu.

Bisa jadi, kehidupan Jacko yang ‘aneh’ berkaitan erat dengan masa lalunya. Sejak kecil Michael nyaris hidup bukan sebagai dirinya sendiri. Kehidupan sebagai seorang penghibur telah dipaksakan orangtuanya sejak Jacko berumur 6 tahun bersama 4 saudara laki-lakinya yang lain dalam grup vokal Jackson Five. Ayah Jacko, Joe Jackson adalah seorang pegawai rendahan dengan sembilan anak. Joe dikenal amat keras terhadap anak-anaknya. Daily Mail dalam sebuah artikelnya menuliskan, Jacko tak pernah merasakan masa kanak-kanaknya.

Jacko dan keluarga besarnya sejak kecil hidup dalam lingkungan penganut ‘agama’ Saksi Yehuwa atau Saksi Jehovah yang taat. ‘Agama’ saksi Yehuwa memang mempunyai pengikut cukup banyak di Amerika Serikat sejak era 1930-an. Orang awam sering menyamakan Saksi Yehuwa dengan Kristen, padahal tidak sama. Secara teologis ajaran Saksi Yehuwa sangat berbeda dengan ajaran Kristen.

Ajaran Saksi Yehuwa tidak mengakui aspek Tritunggal tentang Ketuhanan Yesus yang merupakan prinsip utama iman Kristiani. Demikian pula tentang kitab sucinya. Para pengikut Saksi Yehuwa seperti disebut dalam Wikipedia memiliki sendiri Kitab Suci Terjemahan Dunia Baru yang mengambil dari Alkitab. Para Saksi Yehuwa mengklaim diri sebagai jalan yang paling benar menuju Allah melalui ajaran, hukum-hukum, dan para pemimpinnya. Penyebaran ajaran Saksi Yehuwa yang aktif dari rumah ke rumah, meski sang penghuni rumah telah memiliki keyakinan lain, sering menimbulkan kontroversi. Seperti juga dialami oleh sebagian masyarakat di Tanah Air. Kelompok Saksi Yehuwa di Amerika Serikat berkantor pusat di Brooklyn, New York.

Dalam suasana kerja keras dan tradisi keyakinan keluarga besar seperti itulah Jacko dibesarkan. Kehidupan pribadi sang superstar sangat tertutup dan terkesan aneh misterius. Apalagi kehidupan keagamaannya. Barulah setelah kematian, rahasia pribadi sang legenda sedikit demi sedikit mulai terkuak. Ada yang menyebut bahwa Jacko seorang muslim. Namun berita ini masih belum bisa dipastikan kebenarannya.

Kabar bahwa sang superstar Michael Jackson masuk Islam rupanya menjadi berita besar. Buktinya, media massa terkenal sekelas New York Post, Daily Mail, The Sun, dan Telegraph memberitakannya. Pers umumnya memberitakan proses pengislaman Jacko. Semua media besar itu menulis, sang raja pop dunia diislamkan di rumah pemain keyboard yang juga komposer musik album Thriller Jacko, Steve Porcaro, di Los Angeles, California, pertengahan November 2008. (Namun ada pula sumber yang mengatakan bahwa Jacko masuk Islam sejak 2003 ketika sedang terkena kasus pelecehan seksual. Waktu itu sang superstar tinggal di Bahrain).

The Sun menceritakan, ketika itu Jacko ditemani David Wharnsby, seorang penulis lagu asal Kanada, dan Phillip Bubal, seorang produser yang sudah terlebih dulu masuk Islam. Waktu itu, seorang imam diundang dari masjid untuk membimbing Jacko mengucapkan kalimat syahadat di bawah Al-Quran. Selain itu, Jacko juga diberitakan mengubah namanya menjadi Mikaeel. Setelah usai, Mikaeel pun merayakan peristiwa itu bersama penyanyi Cat Stevens, yang sebelumnya telah masuk Islam dan mengubah nama menjadi Yousef Islam. Kabar Jacko masuk Islam juga dikaitkan dengan lagu ciptaanya Give Thanks to Allah yang videonya beredar di YouTube.com.

Setahun sebelumnya, adik kandung Jacko, Jermaine Friday Jackson juga menyatakan bahwa kakaknya memang tampak berminat untuk masuk Islam. Jermaine membawakan buku-buku tentang Islam untuk Jacko. Sang superstar pun membaca semua buku yang dibawanya sepulang dari Mekah, dan mengaku bangga pada adiknya itu karena telah menemukan sesuatu yang bisa memberikan kekuatan dan kedamaian pada dirinya. Jermaine Friday memeluk agama Islam sejak 1989.

Tentang kabar tersebut, New York Daily News memuat bantahan pengacara Jacko di New York, Londell McMillan. “Itu hanya omong kosong. Sangat tidak benar,” katanya.

Seperti apa pun dia, apa pun yang terjadi, sisi kehidupan seorang superstar dunia seperti Michael Jackson tetaplah menarik. [ Sumber:lipuntan6.com | Kajian Umum ]

 

Comments 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.