Sihir Itu Nyata

Sihir itu Nyata. Keberadaan sihir dalam sejarah perkembangan kebudayaan umat manusia itu adalah nyata, bukan khayalan, Pendapat tersebut disepakati oleh para ulama terutama dari gologan ahlul sunnah wal jamaah dengan bersumber kepada banyak dalil-dalil yang terdapat dalam kitab suci Al-Quran dan sunnah Nabi Muhammad saw diantara sebagai berikut :

” (lagi) hati mereka dalam Keadaan lalai. dan mereka yang zalim itu merahasiakan pembicaraan mereka: “Orang ini tidak lain hanyalah seorang manusia (juga) seperti kamu, Maka Apakah kamu menerima sihir itu [*], Padahal kamu menyaksikannya? “ ( QS : Al-Anbiyaa’ : Ayat 003 )

[ * ] Yang mereka maksud dengan sihir di sini ialah ayat-ayat Al Quran.

 berkata Fir’aun: “Apakah kamu telah beriman kepadanya (Musa) sebelum aku memberi izin kepadamu sekalian. Sesungguhnya ia adalah pemimpinmu yang mengajarkan sihir kepadamu sekalian. Maka Sesungguhnya aku akan memotong tangan dan kaki kamu sekalian dengan bersilang secara bertimbal balik [*], dan Sesungguhnya aku akan menyalib kamu sekalian pada pangkal pohon kurma dan Sesungguhnya kamu akan mengetahui siapa di antara kita yang lebih pedih dan lebih kekal siksanya “ (QS : Thaahaa : Ayat 071 )

[ *] Maksudnya: tangan kanan dan kaki kiri dan sebaliknya.

” dan Kamipun pasti akan mendatangkan (pula) kepadamu sihir semacam itu, Maka buatlah suatu waktu untuk Pertemuan antara Kami dan kamu, yang Kami tidak akan menyalahinya dan tidak (pula) kamu di suatu tempat yang pertengahan (letaknya) “ (QS : Thaahaa : Ayat 058 )

” Maka setelah mereka lemparkan, Musa berkata: “Apa yang kamu lakukan itu, Itulah yang sihir, Sesungguhnya Allah akan Menampakkan ketidak benarannya ” Sesungguhnya Allah tidak akan membiarkan terus berlangsungnya pekerjaan orang-yang membuat kerusakan ” (QS : Yunus : Ayat 081 )

Sedangkan nash-nash yang menetapkan adanya sihir yang berasal dari sunah Rasulullah saw juga sangat banyak, diantaranya :

  • Had bagi penyihir adalah memenggalnya dengan pedang

  • Hadis yang dikeluarkan oleh imam Bukhari dari riwayat Aisyah ra dimana didalamnya diceritakan tentang orang Yahudi yang berusaha menyihir nabi Muhammad dan bagaimana Allah membatalkannya. Imam meriwayatkan dari Aisyah ra. Beliau bersabda ; Rasulullah saw pernah disihir sehingga beliau merasa yakin telah mendatangi istri-istrinya, padahal kenyataannya tidak sama sekali. Sufyan berkata ini adalah contoh sihir yang sangat ampuh.

Itulah diantara banyak ayat Al-Quran dan sunnah Nabi saw yang membenarkan keberadaan sihir dan menyatakan secara pasti bahwa sihir benar-benar ada, nyata, bukan khayalan belaka atau wahm. Menurut kesepakatan ulama khalaf ataupun ulama salaf bahwa, pengingkaran terhadap kebenaran ayat-ayat Al-Quran sebahagian atau seluruhnya hukumnya kafir.

Hal-hal lain yang bisa menyebabkan seseorang muslim itu bisa dihukum atau dinyatakan kafir dan keluar dari naungan ajaran agama islam yang merupakan agama tauhid terakhir dapat dibaca disini

Belajar ilmu sihir dan mengajarkannya menurut Al-Hafidh Ibnu Hajar adalah termasuk kekafiran dan Ibnu Qudamah mengatakan bahwa mempelajari sihir dan mengajarkan sihir hukumnya haram. Abu Hayan menyatakan bahwa, mempelajari sihir, apabila sihir tersebut dilakukan dengan mengagung-agungkan selain Allah, seperti bintang-bintang atau setan dan menisbatkan apa-apa yang terjadi karena Allah kepada benda-benda tersebut, maka berdasarkan ijma, sihir semacam itu sama dengan kekafiran, tidak boleh dipelajari ataupun dipraktikkan. Sampai saat ini, Selain ulama dari golongan muktazilah tidak ada seorang pun ahli ilmu yang menentang pendapat ini, sehingga pendapat ini bisa dijadikan dasar dalam hukum mempelajari dan mengajarkan sihir. Sedangkan sihir yang sejenis dengan hipnotis, ramalan atau sulap mempelajari dan mengajarkannya hukumnya makruh, sebaiknya tidak dipelajari karena termasuk dalam hal-hal yang batil meskipun keahlian itu dimaksudkan untuk permainan dan menghibur atau menghilangkan duka lara orang lain. [ Hakikat Sihir ]

Comments 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Page-level ads only appear on the page when AdSense thinks they'll perform well. Add the following Page-level code to more of your pages to increase the overall performance of ads on mobile. Copy the code below and paste it inside the tag of any page you want to show ads on. Place the same code just once per page, and AdSense takes care of the rest.
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.