ESQ Sebuah Aliran Sesat ; Haram Mengikutinya ( ? )

ESQ Sebuah Aliran Sesat ; Haram Mengikutinya ( ? ) –  Fatwa dari Mufti wilayah persekutuan Malaysia yang telah menimbulkan kehebohan di beberapa milis Islam Indonesia. Karena apa? Karena fatwa yang Mufti Malaysia sampaikan tersebut akan sangat berimplikasi dengan sebuah lembaga training sumber daya manusia yang ada di Indonesia yang bernama ESQ.

ESQ yang berpusat di menara 165 jalan TB Simatupang Jakarta selatan dan digawangi oleh Ary Ginanjar Agustian, telah berhasil mentraining puluhan ribu orang dengan konsep keseimbangan antara Emosi, Spiritual dan intelektual.

Dari penjelasan tentang ESQ sendiri dijabarkan bahwa ESQ adalah pelatihan sumber daya manusia yang bertujuan untuk membentuk nilai moral dan karakter manusia, melalui penggabungan 3 potensi yang ada di manusia yaitu kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual.

Selama ketiga potensi manusia tersebut terpisah dan tidak didayagunakan dengan baik dan maksimal maka menurut kajian ESQ manusia akan terjadi krisis moral dan split personality. Dan lebih buruk lagi manusia yang tidak dapat mendayagunakan ketiga potensi itu maka manusia tersebut akan kehilangan makna hidup serta jati dirinya. Begitu kutipan yang menjelaskan apa itu ESQ secara singkat.

Namun bagi mufti Malaysia ajaran yang dipopulerkan oleh Ary Ginanjar ini adalah ajaran sesat dan harus dihindari. Melalui kajian, akhirnya mereka memutuskan bahwa ajaran ESQ yang mengusung ide 7 Budi Utama dan bercita-cita akan menuju Indonesia Emas pada tahun 2020 ini, difatwakan sesat berdasarkan sebuah fatwa tertanggal 10 Juni 2010.

Dalam fatwanya Mufti wilayah persekutuan Malaysia menjelaskan alasan kesesatan ESQ Ary Ginanjar, berikut ringkasan fatwanya:

  • ESQ mendukung paham liberalisme yang menafsirkan nash-nash agama (al-quran dan sunnah) secara bebas.
  • ESQ menuduh para Nabi mencapai kebenaran melalui pengalaman dan pencarian dan ini bertentangan dengan aqidah Islam tentang Nabi dan Rasul.
  • ESQ mencampuradukkan ajaran spritual bukan Islam dengan ajaran spiritual Islam.
  • ESQ menekankan konsep ‘suara hati’ sebagai rujukan utama dalam menentukan baik atau buruknya sebuah perbuatan.
  • ESQ menjadikan logika sebagai sumber rujukan utama.
  • ESQ mengingkari mukjizat karena dianggap tidak dapat diterima akal.
  • ESQ menyamakan bacaan Al-fatihah sebanyak 17 kali dalam shalat dengan ajaran Bushido Jepang yang berlatar belakang ajaran Buddha.
  • ESQ menafsirkan kalimat syahadat dengan “triple one”.

Demikian ringkasan singkat fatwa Mufti wilayah persekutuan Malaysia yang ditandatangani oleh Datuk Hj. Wan Zahidi bin Wan Teh yang merupakan mufti resmi wilayah persekutuan Malaysia.

Sebenarnya beberapa waktu lalu telah ada yang menuduh ESQ sesat di Indonesia. Pada sebuah sesi tanya jawab dalam sebuah acara dari salah satu radio di Bekasi, seorang ustadz yang mengisi acara tersebut ditanya oleh pendengar yang meminta tanggapan ustadz tersebut tentang training ESQ. Dengan sangat mengejutkan sang ustadz tersebut membeberkan kesesatan ESQ menurut yang ia pahami dan poin-poin yang ia anggap sesat itu agak mirip dengan apa yang difatwakan oleh mufti Malaysia ini.

Untuk mendonload fatwa lengkapnya bisa diklik alamat ini, http://www.muftiwp.gov.my/pmwp/profail_jabatan_files/fatwa_esq.pdf

Sampai berita ini diturunkan dari situs-situs ESQ belum ada tanggapan terkait fatwa Mufti Malaysia ini yang menyesatkan ajaran ESQ.(fq)

Disalin dari : eramuslim.com

Comments 17

  • Setiap orang pro kontra itu normal. aneh yah org jaman skg, Semakin baik dia malah semakin di jelek2an. kasian. Dari artikel diatas sy banyak mendapati kalimat yg menyebutkan bahwa artikel ttg kesalahn esq diatas itu merupakan pendapat orang saja. dan BELUM TENTU BENAR. Sudahlah saudara2, semua tergantung kita. semua ini hanya pendapat orang. dan Sesungguhnya Allah lah yang Maha tahu maksud dan niat setiap orang. termasuk niat membuat artikel ini. Syukran. Mohon maaf jika ada salah.

  • kayany kiyai malaisia salah nangkep tentang ESQ deh…soalnya setau saya Ary Ginanjar tuh sebelumnya jadi muridnya kiyai dari madura (lupa namanya siapa) yang notabene ajarannya insallah sunatuwaljamaah…tapi wallahuhaklambisawab…hanya Allah yang tau isi hati manusia

  • lama2 semua hal di dunia ini dikatakan haram, sesuai fatwa diatas, berarti kita tidak boleh menggunakan logika?
    Hahahaha..pantes saja Indonesia ga pernah maju!

  • Afwan mas, ijin kopas ke forum Ruang Muslim ya . . . .

    Afwan sebelumnya . . .

  • wah saya kurang setuju . . .
    bukankah kita sendiri sepakat untuk tidak memisahkan antara Al-qur’an dan Ilmu sains?
    kenapa harus dipermasalahkan?

  • Kalau mau yang yakin sih ya ikuti saja quran dan sunnah serta alim ulama yang sudah memiliki pemahaman tentang latar belakang diturunkannya quran dan sunnah, jangan orang yang tidak punya latar belakang keilmuan itu.

  • masak kayak gitu dibilang aliran sih? itu kan cuma motivator hidup saja?

  • Mana mungkin, ESQ training adalah suatu pelatihan yg membuat kita menyadari bagaimana kita menjadi pribadi yang lebih baik.

    maksud dari ESQ mencampuradukkan ajaran spritual bukan Islam dengan ajaran spiritual Islam adalah karena semua peserta ESQ belum tentu muslim.
    Saya pernah mengikuti ESQ pada waktu kelas 9 SMP dan itu membuatku lebih baik tanpa adanya kekhawatiran seperti itu.

    Sekian!!!

  • yah namanya juga pendapat. lagipula pemahaman orang kan beda-beda plus keyakinan. orang yang nyantri kitab fiqih sepuluh tahun (misalnya aja) tentu akan beda dimensi rohaninya dengan saya yang cuma sekolah sma. mufti malaysia ma ga usah ditanggapi emosional . ntar juga ilang sendiri kaya yoga haram, atawa masalah rokok . peace maan.

  • kok bisa jadi aliran sesat? kalau gitu training2 SDM lain bisa disamakan dengan aliran kepercayaan dong ???

  • Fatwa yg aneh….. orang berbuat baik dengan niat baik ko’ di bilang sesat… tolong baca lagi ESQny pak ginanjar ya gan..

  • yya jelas haram.banyak ngasih hadist2 palsu.pak ary gak ngerti bahasa arab.gak bisa bahasa arab.tarining nya mahal pula..ngaco pisann ,euyy

  • Begitu ada suatu paham yg nggak sama dgn paham yg kita percaya langsung distempel “SESAT”. Hallow…..emang kita ini siapa sih? Tuhan? Jelas bukan. Nggak ada hak buat kita buat menghakimi org lain. Biar Tuhan yg menghakimi. Tuhan nggak suka sama org yg sombong, yg merasa (paling)benar sendiri. Kita aja banyak dosanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.